Umum

Menjadi Kadaver

Kadaver atau cadaver adalah jasad manusia yang diawetkan untuk digunakan dalam pembelajaran anatomi tubuh di Fakultas Kedokteran. Banyak terlahir sosok dokter dan profesor berkat adanya kadaver. Mereka bisa lebih mengenal bentuk anatomi tubuh manusia secara detail dari kadaver. Kadaver lah yang mengajarkan mereka dalam kebisuan. Kadaver lah guru besar mereka.

Beberapa tahun lalu, berawal dari sosok seorang dosen UGM yang mendedikasikan jasadnya untuk menjadi kadaver FK UGM, aku menjadi terinspirasi mengikuti beliau. Aku ingin, di akhir hidupku, tak hanya tenaga dan pikiran ku saja yang berguna. Namun, jasad yang menjadi satu-satunya hal yang ku miliki juga berguna bagi orang lain. Walaupun sesungguhnya, bukan milikku sepenuhnya.

Menjadi kadaver, tubuhku berguna untuk orang lain pelajari. Agar mereka menjadi dokter yang handal dan teliti ketika berhadapan dengan pasien nantinya. Tapi di sisi lain, aku pun sendiri belum sepenuhnya menjadi seperti yang ku tulis. Tenaga dan pikiran ku untuk dapat memberikan manfaat pada orang lain, akan tetapi rasa keikhlasan belum sepenuhnya menjiwai ku. Kadang aku masih suka mengeluh.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s